Profesi Keperawatan Gawat Darurat Gelombang 1

Profesi Keperawatan Gawat Darurat Gelombang 1

Course modified date: 13 Nov 2020

Praktik Keperawatan Gawat Darurat (KGD) bertujuan untuk menghasilkan perawat yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien yang mengalami gangguan yang mengancam kehidupan atau tanpa mengancam kehidupan yang terjadi secara mendadak (kegawatan dan/ atau kedaruratan). Asuhan Keperawatan yang diberikan berdasarkan ilmu dan konsep terkini dalam bidang keperawatan gawat darurat.

Mata ajar ini mempunyai bobot 7 SKS dengan siklus selama 7 minggu termasuk evaluasi. Kegiatan pada mata ajar ini secara keseluruhan akan dilalui di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau pada berbagai ruang kegawatdaruratan dan intensif. Namun selama masa pandemi Corona Virus Disease-2019 (COVID-19), proses praktek dilakukan dengan 2 sistem yaitu dalam jaringan (daring) dan klinik di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau (dalam perencanaan) dimana kegiatan daring dilakukan selama 4 minggu dan klinik di lahan praktik selama 3 minggu. Selama Daring.

PROFESI NERS STASE KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 2020-2021

Praktik Profesi Keperawatan Medikal Bedah (KMB) merupakan program yang mengantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan pada orang dewasa.

Mata ajar ini mempunyai bobot 6 SKS dengan pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama 6 minggu. 

Kegiatan pada mata ajar ini dilakukan keseluruhannya di rumah sakit, namun selama masa pandemi, proses praktek kami lakukan dengan 2 sistem yaitu daring dan klinik, masing-masing selama 3 minggu. 

Kompetensi yang bisa dicapai pada pelaksanaan 3 minggu daring ini hanya sebatas menilai ranah kognitif mahasiswa sedangkan pelaksanaan 3 minggu klinik adalah untuk kompetensi dalam bentuk psikomotor langsung ke pasien akan dilaksanakan setelah mahasiswa diizinkan untuk melakukan praktik lapangan.